Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Komunikasi UMY

Diposting oleh Gamping Mengidul di 01.07
Pada jurusan ilmu komunikasi memang banyak mata kuliah yang berkaitan dengan media, seperti mata kuliah komunikasi  massa. Pada saat semester 2 kemarin penulis dan kawan -  kawan mendapat tugas untuk berkunjung di beberapa media seperti  radio. Tujuan penulis menulis tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman tentang kegiatan perkuliahan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi UMY.

Memang pada saat awal kuliah semangat mahasiswa bagaikan semangat 45’ masuk kuliah, hingga memasuki semester 3 kini, selain itu mereka banyak disibukkan dengan berbagai UKM yang ada dalam lingkup komunikasi diantaranya IKOM radio, FOTKA(Fotografi komunikasi), CIKO(cinema komunikasi), KOMAKOM(Korp Mahasiswa Komunikasi) dan CEO. Sehingga mahasiswa tidak hanya mengkonsumsi kegiatan perkuliahan semata melainkan kegiatan yang juga mengasah teori yang diberikan dalam kelas dengan mengikuti berbagai UKM tersebut.

Sedikit informasi tentang jurusan komunikasi, kembali pada pengalaman penulis saat mendapatkan salah satu tugas dari mata kuliah komunikasi massa. Mata kuliah ini membawa kami pada dua radio di Yogyakarta, radio komersil dan radio komunitas.

Pertama, kami mengunjungi radio komunitas kampus UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Rasida singkatan dari Radio Siaran Dakwah yang didirikan pada tanggal 12 maret 2002, yang mengudara pada 107,7 FM.

Berbagi pengalaman dan informasi tentang perjalanan radio komunitas sangatlah menarik untuk digali, namun dibalik populernya radio ini memiliki tantangan dalam pengembangannya ‘tutur mas Kamal selaku mahasiswa radio komunitas tersebut.’ Penulis dan kawan – kawan sangat antusias memberikan beberapa pertanyaan mengenai program – program radio dan besarnya partisipasi pendengar pada radio ini sebagai radio komunitas. Partisipasi mahasiswa pada radio komunitas ini cukup banyak tapi untuk radio ini harus terus membuat program – program terbaru yang juga sesuai dengan jiwa remaja layaknya mahasiswa.

Kunjungan kedua kami pada radio JIZ FM, JIZ diambil dari singkatan Jogja Iztimewa, radio ini lebih

mengutamakan program musiknya (full music), yang berada pada frekuensi 89,5 FM. Sedikit berbincang – bincang dengan pihak radio bahwasanya radio JIZ bisa dibilang radio yang baru dan menyelenggarakan banyak kerjasama juga promo di beberapa acara di jogja.

Beberapa kunjungan pada media massa khususnya radio ini cukup memberikan kami informasi serta pengetahuan yang berharga, dari pengalaman kami sendiri.

hasil : wawancara mahasiswa komunikasi 2011

Memang perkembangan media sangatlah cepat dan penuh dengan inovasi baru agar dapat terus berkembang dan diminati pendengar. Dan tidak lepas dari masalah – masalah, baik internal maupun eksternal . Yang terpenting adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pendengar. pendengar senang maka mediapun akan terus ditongkrongi.

Pada kekuatan media, khususnya radio sangat berpengaruh pada perkembangan masyarakat sekitar, begitu juga informasi yang diberikan mengenai pola hidup remaja, secara tidak langsung media telah berkuasa membentuk opini dalam pikirannya. Beberapa gabungan pikiran inilah yang membentuk opini publik yang hidup dalam masyrakat kita, Sehingga dapat kita ketahui bahwasanya peran media sangatlah besar. Maka berbaggalah menjadi mahasiswa Ilmu komunikasi  yang hidup dalam dunia media.

 

0 komentar:

Leave a Reply

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))