Pentingnya Ilmu Komunikasi

Diposting oleh Gamping Mengidul di 00.59
Di era globalisasi yang modern ini, tekhnologi semakin maju, ilmu pengetahuan semakin berkembang pesat sehingga orang- orang hidup dalam kompetisi untuk mencapai kesuksesan. Masa kini seseorang harus mempunyai banyak relasi, banyak jaringan, dan juga banyak pengalaman serta informasi – informasi teknologi, karena dengan inilah kebanyakan dari mereka mendapatkan pekerjaan dan mudah mencapai kesuksesan. Bayangkan jika kita tidak memiliki relasi maka pengalaman dan informasi – informasi sulit kita ketahui, walaupun kita memiliki paman google yang selalu memberikan informasi, itu berbeda dengan relasi dan jaringan langsung yang kita miliki. Contoh yang simpel saja, sebelum Anda datang ke yogyakarta, apa Anda langsung memutuskan untuk kuliah di yogya? Tanpa mengetahui seluk- beluk yogya sebenarnya atau sedikit gambarannya. Tentu saja sebelum Anda datang ke yogya anda pasti menanyakan pada kerabat, saudara atau orang yang Anda kenal yang mengetahui banyak tentang yogya, sehingga Anda dapat memutuskan Anda kuliah atau tidaknya di yogya. Jadi kapan dan dimanapun kita membutuhkan relasi atau jaringan pergaulan. Jadi disituasi seperti inilah pentingnya ilmu komunikasi, komunikasi antara sesama. Seperti kebanyakan kita ketahui komunikasi selalu di lakukan dari kita mulai bangun tidur hingga kembali tidur lagi kita membutuhkan komunikasi sepanjang hidup. Dan mungkin Anda memandang ilmu komunikasi adalah ilmu yang mudah, ilmu yang dipergunakan setiap hari jadi dianggap  gampang atau mungkin meremehkan ilmu komunikasi?

Baiklah mari kita sedikit memperjelaskan mengenai pentingnya ilmu komunikasi bagi kelangsungan dalam pencapaian kesuksesan seseorang dan sebagai referensi kita. Dimana kita tidak hanya mengetahui bagaimana komunikasi yang baik tapi mengapa kita mempelajarinya. Ilmu komunikasi memiliki pemahaman yang luas namun ilmu komunikasi ini memiliki beberapa fungsi kenapa kita harus mempelajarinya berdasarkan kerangka yang di kemukakan William I. Gorden.

Fungsi pertama, komunikasi sosial

Fungsi sebagai kamunikasi sosial bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri  kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain.

 

Faktor umum dari semua kesuksesan dan kebahagiaan adalah orang lain. (Dikutip pada buku the art of dealing with people, Les Geblin)

 

Henry kaiser berkata ” Anda secara otomatis akan mempraktikkan hubungan antar-sesama manusia yang baik kalau anda ingat bahwa setiap individu itu penting, karena setiap individu adalah anak Tuhan”.

 

Fungsi  kedua, komunikasi Ekspresif

Komunikasi ekspresif ini tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain, komunikasi ini menjadi instrumen menyampaikan perasaan(emosi) kita. Perasaan ini di komunikasikan melalui pesan – pesan nonverbal seperti perasaan sayang, simpati, gembira, sedih, takut, rindu, prihatin, marah, dan benci dapat disampaikan lewat kata – kata. Komunikasi kita dapat di salurkan pada seni seperti tarian, puisi, novel, cerpen atau lukisan. Dimana dengan mengekspresikan perasaan ini kita dapat mengubah perasaan orang lain untuk mengikuti perasaan yang kita ekspresikan, dengan ini orang bisa setuju dengan pemikiran kita.

 

Fungsi ketiga, komunikasi Ritual

Jelas komunikasi ini berkaitan dengan acara – acara ritual yang dapat diekspresikan lewat komunikasi yang menampilkan perilaku – perilaku tertentu yang bersifat simbolik. Seperti tradisi keluarga, suku, agama, ideologi, bangsa, dan negara. Bunuh diri yang di lakukan oleh orang jepang yang mengikuti jejak kaum samurai untuk menebus rasa bersalah mereka dan untuk menunjukkan tanggung jawab mereka atas kesalahannya atau bawahannya. Tradisi ini menunjukkan komunikasinya bahwa Ia ingin menebus segala kesalahannya. Edward T. Hall berkata ”budaya adalah komunikasi” dan ”komunikasi adalah budaya”. Komunikasi  sebagai mekanisme untuk menunjukkan dan memperkenalkan budaya – budaya dan acara yang menjadi tradisi kita. Jadi dengan komunikasi dapat menunjukkan identitas diri, kelompok, ataupun ciri suatu daerah

 

Fungsi keempat, Komunikasi instrumental

Komunikasi ini memiliki beberapa tujuan umum yaitu menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, dan mengubah perilaku atau pergerakan tindakan dan juga untuk menghibur. Tujuan – tujuan diatas dapat dikatakan membujuk (persuasif). Komunikasi ini membuat seorang dapat mengubah dan meyakinkan orang lain untuk mempercayainya. Misal seorang public relation atau humas di suatu perusahaan menawarkan kerjasama atau produk perusahaan pada calon konsumen, otomatis sang PR harus membujuk calon konsumen dengan jenis - jenis komunikasi yang meyakinkan yaitu keunggulan produk, jenis, dan manfaatnya. Sehingga calon konsumen memutuskan untuk bekerja sama. Komunikasi instrumental juga akan menentukan pencapaian tujuan dan visi serta cita – cita kita.

 

Beberapa peranan pentingnya komunikasi yang saya kutip pada ”komunikasi antar pribadi, johnson D.W 1981”

  • Komunikasi antar pribadi membantu perkembangan intelektual dan sosial kita

  • Identitas atau jati diri kita terbentuk dalam dan lewat komunikasi dengan orang lain

  • Dapat membanding realitas disekeliling kita serta menguji kebenaran kesan – kesan dan pengertian yang kita miliki tentang dunia disekitar kita

  • Kesehatan mental kita sebagian besar juga ditentukan pleh kualitas komunikasi atau hubungan kita dengan orang lain.


Johnson menyebutkan beberapa pentingnya komunikasi yang dapat meyakinkan kita disini bahwa ilmu komunikasi adalah ilmu hidup, ilmu sosial yang dibutuhkan untuk pembentukan pribadi dan integritas kita di masyarakat.

 

”Berbagai penelitian membuktikan bahwa jika anda mempelajari cara membina hubungan dengan orang lain berarti anda sudah menempuh 85% dari perjalanan menuju kesuksesan dalam bisnis, pekerjaan, atau profesi apapun, dan sekitar, 95% dari perjalanan menuju kebahagiaan pribadi.” Penyebab 90% orang gagal dalam kehidupan adalah kegagalan dalam membina hubungan baik dengan orang lain. Orang sukses atau bahagia bukan hanya orang yang terpandai tapi orang yang pandai bergaul. (Dikutip pada buku the art of dealing with people, Les Geblin)

 

  • Seperti yang dialami seorang pelamar kerja, ia gagal dalam penerimaan pekerjaan, padahal dia cerdas, pintar dan terampil tapi dia kurang terampil dalam berkomunikasi dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara yaitu menginformasikan kelebihan dirinya sehingga layak bekerja pada perusahaan tersebut.

  • Pada kawasan politik, sebagian pengamat politik menilai, misalnya kasus dugaan korupsi oleh bendahara partai demokrat, yang membawa nama – nama pengurus partai demokrat yang lainnya. Strategi komunikasi politik nazaruddin membingungkan, dengan mengungkapkan orang – orang yang terkait, sesampainya Ia di indonesia Ia mengatakan pada media bahwa ”Ia tidak akan membuka rahasia asal anak istrinya di lindungi.” Maksud dari perkataan ini membuat para pengamat, LSM, akademisi bertanya – tanya ada sesuatu di partai demokrat. Disini Nazaruddin memainkan komunikasi politiknya, kapan Ia berbicara dan kapan Ia diam. Sehingga masyarakat bisa saja merasa iba terhadapnya dan menganggapnya sebagai pahlawan yang mengungkapkan sesuatu yang terjadi pada partai demokrat.


 

Sehingga memperdalam ilmu komunikasi itu sangatlah penting dan banyak manfaat bagi kehidupan sehari – hari dan bagi kelangsungan dalam pencapaian kebahagian dan kesuksesan. Namun komunikasi disini bukanlah komunikasi dengan kualitas seadanya tapi ciptakanlah komunikasi berkualitas dan berkuantitas. Kini mulailah dari diri kita sendiri memulai untuk berkomunikasi dan menciptakan hubungan baik dengan orang lain, ingatlah sebaik – baiknya manusia adalah dapat bermanfaat bagi sesama. Perlu kita ketahui tanpa komunikasi yang baik kita tidak akan berhasil mencapai visi dan misi di segala bidang, sehingga ilmu komunikasi di butuhkan di segala bidang, dari profesi dokter, pengacara, pejabat pemerintah, pengusaha,pegawai dan juru bicara kepresidenan pun membutuhkan ilmu komunikasi, komunikasi yang baik berkualitas. So, Ilmu komunikasi sangat perlu di pelajari secara mendalam dan pemahaman yang jelas. Dan Jurusan Ilmu Komunikasi dari tahun ke tahun peminatnya semakin bertambah, zaman yang serba modern dan perkembangan teknologi komunikasi saat ini sangat membutuhkan lulusan – lulusan sarjana komunikasi yang berkompeten.

 

Deddy Mulyana, M.A.,Ph.D. Ilmu Komunikasi suatu pengantar


Dr.A.Supratiknya. Komunikasi antar pribadi


Les Giblin. The art of dealing with people


 

1 komentar:

ritaarisandy mengatakan...

oke thnks about ur opinion, i hope we can share about communication sains.

Leave a Reply

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))