Perkenalan Yang Berkesan Bersama UMY

Diposting oleh Gamping Mengidul di 00.57
Tahun ajaran baru 2011,banyak berbagai universitas berlomba – lomba mempromosikan kualitas kampus masing – masing, baik dari universitas negeri maupun yang swasta telah menawarkan sistem pembelajaran yang menggiurkan calon mahasiswa baru sehingga mereka harus benar – benar jeli memilih dan memilah universitas yang berkualitas serta yang bersyari’i sesuai ajaran islam. Ketika saya sampai di Yogyakarta, mungkin saya seperti  Anda kebanyakan yaitu mencari informasi tentang universitas yang berkualitas, namun kata kualitas ini begitu relatif dan saya berfikir bagaimana saya mendapatkan universitas yang berkualitas, di percaya keunggulannya dan juga bersyariat islami. Sehingga Saya disini tidak hanya belajar tentang ilmu dunia tetapi juga mempelajari  nilai – nilai agama yang dapat menuntun Saya menjadi mahasiswa cerdas dan berakhlak mulia serta memiliki moral yang baik. Hingga sebuah informasi membawa dan mengenalkan saya pada Universitas Muhammadiya Yogyakarta atau yang biasa di singkat UMY yang sesuai dengan kampus yang Saya inginkan. Saya segera mendaftar dan lolos menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UMY. Sedikit mengetahui tentang UMY tidak menghalangi saya untuk bergabung dan keyakinan itu semakin kuat, karena melihat alumni – alumni  komunikasi UMY sudah banyak menyebar di station televisi, instansi pemerintah dan perusahaan – perusahaan. Selain itu disini telah di sediakan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk jurusan ilmu komunikasi yang diantaranya KOMAKOM (Korps Mahasiswa Komunikasi), Fotka ( Forum Fotografi Kampus), Digimagz ( Digital Magazine), CEO (Creative Event Organizer) dan Ciko (Cinema Komunikasi), di tambah UKM – UKM dari jurusan lain dan UKM universitas yang dapat memacu jiwa organisasi kita.

Setelah bergabung menjadi mahasiswa UMY banyak kesan yang Saya alami walau itu awal masuk, mulai dari kegiatan mataf (masa ta’aruf) fakultas, mataf jurusan yang tidak kalah serunya, mungkin ospek yang di adakan oleh para panitia sedikit menyulitkan untuk Saya dan teman – teman, karena kami disuruh bawa ini, disuruh bawa itu yang banyak macamnya, membuat Saya yang baru mengenal daerah Jogja kewalahan mencari barang – barang keperluan ospek, namun di balik itu semua tersimpan kesan dan pesan yang selalu melekat dalam benak Saya dan tidak terlupakan awal kebersamaan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kini teman – teman dan relasi di kampus mulai bertambah dari berbagai jurusan saling bertukar pikiran. Dan salah satu alasan memilih UMY karena disini tergabung banyak fakultas diantaranya fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan, fakultas Ekonomi, fakultas Agama Islam, fakultas Hukum, fakultas Pertanian, fakultas Teknik dan pasca sarjana untuk S2 serta Program Doktor (S3). Dengan banyaknya fakultas ini, kita belajar tidak hanya dari sesama jurusan melainkan dari jurusan  yang berbeda tepatnya saling bertukar pikiran dengan fakultas lainnya. Unit Kegiatan Mahasiswa  yang telah di sediakan dapat menumbuhkan jiwa leadership, dapat berpikir kritis, kreatif dan solid. Menguasai ilmu sosial ESQ(Emotional Spiritual Quotient), dimana dapat menyeimbangkan IQ (Intelligence Quotient), EQ dan SQ(Spiritual Quotient).

Seperti yang Saya ceritakan, Saya mengambil jurusan Ilmu Komunikasi karena dari awal Saya sudah menyukai dunia media, wartawan, pembaca berita dan sejenisnya. Selain itu melihat perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, prospek kerja Ilmu Komunikasi peluangnya cukup besar dan dibutuhkan di berbagai banyak bidang. Bersama kampus tercinta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Saya ingin mewujudkan cita –cita saya yaitu terjun pada dunia pertelevisian nasional yang professional.

Ilmu Komunikasi UMY telah mengembangkan konsentrasi studi, yaitu :

  1. Public Relation (PR)


Jika Anda menyukai kegiatan kehumasan pada lembaga pemerintah, partai politik, serta oganisasi – organisasi non pemerintah seperti BUMN, staf ahli DPR/DPRD, out reach communication, perusahaan swasta konsultan PR.

  1. Advertising ( adv)


Konsentrasi ini di tujukan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi peran manajerial dalam bidang periklanan atau mengembangkan profesi sebagai analisis media promosi, seperti account Executive Biro Iklan, Art Director, Graphies designer dan sebagainya.

  1. Broadcasting (BC)


Tujuan studi Broadcasting/ penyiaran adalah menghasilkan pemikir – pemikir dan tenaga terampil yang dapat bekerja dalam bidang pertelevisian dan radio yang meliputi aspek – aspek manajerial, produksi, artistik,jurnalistik, penyajian dan pemprograman.

 

Konsentrasi  - konsentrasi ini akan membantu kita agar terfokus pada keahlian yang ingin kita capai, ilmu komunikasi ini bukan hanya ilmu sehari – hari, dimana kita berbicara seadanya tapi ilmu komunikasi ini dibutuhkan  keahlian khusus agar menciptakan hubungan yang baik dan jangka panjang dengan orang lain. UMY telah menyediakan sistem pembelajaran dan sarana bagi mahasiswa komunikasi dalam bentuk forum – forum mahasiswa, lingkungan yang kondusif, fasilitas buku perpustakaan, area hotspot, dan berbagai competition yang memacu mahasiswa untuk berkarya.

Harapan Saya kedepannya UMY tetap menjadi PTS(Perguruan Tinggi Swasta) terbaikyang memberikan pelayanan serta mencetak lulusan – lulusan yang professional pada bidangnya masing – masing.

0 komentar:

Leave a Reply

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))