Tujuh macam Karakter Diri

Diposting oleh Gamping Mengidul di 01.49
Analisa kekuatan diri memberikan pemahaman kita tentang karakter - karakter diri, sehingga kita dapat berkomunikasi setelah mengetahui karakter - karakter orang lain. Pemahaman ini perlu diterapkan pada setiap kita berinteraksi , terutama dalam hubungan personal. Agar hubungan komunikasinya dapat diperoleh sesuai dengan yang diinginkan. Berikut karakter diri :

 

1. Temperamental

adalah karakter diri yang bersifat menonjolkan keakuan dan lemahnya kontrol diri. Ciri - cirinya sering marah, mau menang sendiri, sulit menerima nasihat orang lain, gegabah dalam mengambil keputusan, tidak peduli kondisi orang lain, percaya diri terlalu tinggi,kesadaran diri sering datang terlambat, cenderung lupa diri, emosional, nada suara meninggi.

 

2. Agresif

adalah karakter diri yang suka " menyerang" dan cenderung menampilkan diri secara meledak – ledak. Ciri – cirinya orang agresif adalah gampang emosi tapi gampang meminta maaf, cenderung ofensif, proaktif dan terkadang over acting, penampilan cuek, senang membuat sensasi, kurang perhitungan, percaya diri tinggi, merasa diri lebih hebat, pembosan dan nada suara tinggi.

 

3. Kompromis

adalah karakter yang sering menghindari diri dari konflik dengan orang lain. Ciri – cirinya cenderung mengalah, sabar, kadang proaktif, kadang reaktif, pemaaf, sulit menolak, percaya diri normal, memiliki jiwa social, mudah terpersuaisi dan nada suara fleksibel.

 

4. Oportunis

adalah karakter diri yang selalu mencari keuntungan dalam setiap aktivitas komunikasi. Ciri – cirinya cenderung individual, kurang tanggung jawab, orientasi bisnis dalam pertemanan, cenderung menggampangkan masalah, percaya diri fluktuatif, selalu mencari kebenaran, suka mencari kambing hitam, dan nada suara datar.

 

5. Sensitif

adalah karakter diri yang begitu menonjolkan unsur perasaan , sehingga terkadang tidak mampu berpikir rasional. Ciri – cirinya kurang tegas, cenderung reaktif, cenderung tertutup, kurang percaya diri, lambat beradaptasi, mudah tersinggung, ketergantungan tinggi, pendendam dan nada suara turun.

 

6. Bijaksana

adalah karakter diri yang mampu menebarkan kedamaian dan memiliki kepedulian yang begitu tinggi terhadap sesama. Ciri – cirinya responsive, percaya diri tinggi, penuh perhitungan, tegas, fleksibel, terbuka, jiwa sosial tinggi, dan nada suara fleksibel.

 

7. Disharmoni

adalah karakter diri yang tidak ajek atau konsisten. artinya disharmoni adalah perilaku atau karakter diri yang sangat tergantung pada kondisi psikis (mood) seseorang. Ciri – cirinya mudah tersinggung, jiwa sosial tinggi tapi penampilan cuek, responsive tapi mudah putus asa, tidak memilih – milih teman, tetapi pemarah, mudah bergaul,tapi cenderung pembosan, suka membuat sensasi dan nasa suara fleksibel.

 

Jadi yang mana karakter dirimu ? Dengan memahami cirri – ciri karakter diri ini kita dapat mengidentifikasikan  sikap yang dilakukan diri dengan orang lain atau mengahadapi orang lain. Jadi sebelum deketin orang, harus tau dulu karakternya, apa yang dia inginkan, terlebih lagi deketin hatinya.heheh.

 

referensi :

Sumartono,2003. Kecerdasan Komunikasi (Rahasia Hidup Sukses), Jakarta : Gramedia

 

 

1 komentar:

fastest way to lose weight mengatakan...

This posting is incredibly nicely written, and
it in addition consists of numerous beneficial info. I appreciated
you are specialist technique of creating this blog
post. Thanks, you have created it effortless and simple for me to comprehend.

Leave a Reply

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))